Petugas Honorer Sat Pol PP Desa Montong Sapah Keluhkan Lambannya Pencairan Gaji, Berikut Tugas dan Fungsi Sat Pol PP

 News 



KAWEELLOP.com - Pemerintah Desa Montong Sapah dinilai lamban dalam mengurus honor para anggota sat pol pp yg bertugas di wilayahnya. Hal itu diungkapkan Lalu Antik Hadi, salah satu anggota Sat Pol yang bertugas di Desa Montong Sapah.

"Ya betul, bahwa memang gaji kami yg bulan november 2019 blum keluar sampai saat ini dan kami tidak tau kesalahannya dimana, sehingga belum bisa di cairkan," kata Antik Hadi saat melalui KAWEELLOP.com.

Baca juga: Desa Montong Sapah Berbenah, Mengejar Ketertinggalan


Antik juga menjelaskan, sudah berulangkali mempertanyakan terkait hal tersebut kepada kepala Desa Montong Sapah namun, jawaban sang kades masih menunggu rekomendasi Pemda.

"Dana masih di rekening desa dan masih belum bisa dicairkan karena, menunggu rekomendasi Bupati," ujar Lalu Antik meniru ucapan Kades.

"Saya berharap gaji kami agar sesegera mungkin bisa lunasi, entah itu melalui pemdes ataupun pemda untuk memberi rekom pencairan kepada desa," lanjutnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, Kepala desa montong sapah masih belum bisa menghubungi untuk dimintai klarifikasinya, terkait keluhan para anggota Sat Pol PP tersebut.

Baca juga: Resmi Terdaftar Dalam Keanggotaan BPJS, Pol PP Lombok Tengah Akan Terima Jaminan Kematian Hingga 88 Juta

Fungsi dan Tugas Sat Pol PP

Satuan Polisi Pamong Praja disingkat Sat Pol PP merupakan perpanjangan tangan dari Kepala daerah yang bertugas menegakkan peraturan daerah serta penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman daerah.

Sesuai yang tertuang dalam pasal 4 Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang  Pemerintahan Daerah bahwa  penyelenggaraan  ketertiban  umum  dan  ketenteraman masyarakat  merupakan  urusan  wajib  yang  menjadi  kewenangan pemerintah daerah termasuk penyelenggaraan perlindungan masyarakat.

Adapun fungsi sat Pol PP sesuai tertuang dalam pasal 5 sebagaiman yang dijelaskan dalam pasal 4 adalah sebagai berikut: 
  1. penyusunan  program  dan  pelaksanaan  penegakan  Perda, penyelenggaraan  ketertiban  umum  dan  ketenteraman masyarakat serta perlindungan masyarakat;
  2. pelaksanaan  kebijakan  penegakan  Perda  dan  peraturan kepala daerah;
  3. pelaksanaan  kebijakan  penyelenggaraan  ketertiban  umum dan ketenteraman masyarakat di daerah;
  4. pelaksanaan kebijakan perlindungan masyarakat;



Mengingat tugas dan fungsi dari Sat Pol PP yang cukup berat dan beresiko, sudah selayaknya mendapat perhatian lebih, tidak ada alasan bagi pemerintah daerah, apalagi sampai menunggak gaji.







Petugas Honorer Sat Pol PP Desa Montong Sapah Keluhkan Lambannya Pencairan Gaji, Berikut Tugas dan Fungsi Sat Pol PP Petugas Honorer Sat Pol PP Desa Montong Sapah Keluhkan Lambannya Pencairan Gaji, Berikut Tugas dan Fungsi Sat Pol PP Reviewed by payang on March 20, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.