Jokowi Putuskan Ibukota Baru Negara di Kalimantan Timur


KAWEELLOP.com - Presiden Joko Widodo akhirnya secara resmi mengumumkan Pemindahan Ibukota Baru dari Jakarta ke Provinsi Kalimantan Timur, tepatnya disebagian Kabupaten Penajem Paser Utara dan Sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Pemerintah sudah melakukan kajian-kajian dan kita intensifkan dalam tiga tahun terakhir ini. Hasil kajian tersebut menyimpulkan bahwa lokasi ibukota baru yang paling ideal adalah di Kalimantan Timur", ungkap Jokowi dalam konfrensi pers di Istana Negara, Senin (27/8).

Dalam konfrensi pers tersebut Presiden  Jokowi yang di dampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta sejumlah menteri kabinet kerja,  Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Kalimantan Timur  Isran Noor.


Sebelum di umumkan pemindahan Ibukota Baru ini Presiden Jokowi sudah memerintahkan jajarannya untuk melakukan pengkajian tiga titik di Pulau Kalimantan.

Dari hasil kajian tersebut di putuskanlah Kalimantan Timur karna dari segi demografi, Sosial politik, keamanan dan resiko bencana minimal. Baik bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan gunung berapi dan tanah longsor.

Selain itu Mantan Walikota Solo ini juga mengungkapkan bahwa lokasinya yang sangat strategis berada di tengah-tengah Indonesia dan diapait oleh dua kota yang sudah berkmbang,yaitu, Kota Balikpapan dan Kota Samarinda.

Adapun total kebutuhan untuk Ibukota Baru adalah 466 T, dari total tersebut 19 persen berasal dari APBN yang  diambil dari skema kerjasama pengelolaan aset Ibukota Baru dan DKI Jakarta sisanya dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta investasi langsung Swasta dan BUMN.




Jokowi Putuskan Ibukota Baru Negara di Kalimantan Timur Jokowi Putuskan Ibukota Baru Negara di Kalimantan Timur Reviewed by Anita on August 27, 2019 Rating: 5
Powered by Blogger.